MP3, Tebak Apa Judulnya... !

News Update :

Website

FEED SITE

From sekolahdasar.net From liputanpendidikan.blogspot.com From nq99.wordpress.com

Situs Edit Foto Online

Reposting : SDN1PJT on Selasa, 05 November 2013 | 15.45

Selasa, 05 November 2013

Situs Edit Foto Online - Mengedit foto sekarang semakin lebih mudah, jika sebelumnya sudah diulas Aplikasi Edit Foto sekarang Anda akan mengetahui situs-situs apa saja yang bisa untuk editor foto. Jika anda suka berfoto mungkin anda sering kali menemukan hasil yang kurang memuaskan dan tidak sesuai keinginan karena itu cara mengatasi agar foto tampak lebih cantik dan menarik perlu melakukan editing agar sesuai keinginan dan biasanya di dibutuhkan software seperti fotosop dan lainnya. Hanya saja bagi mereka yang kurang paham menjalankan aplikasi seperti itu terkadang membingungkan, dan dibutuhkan waktu untuk belajar. Edit Foto Online menjadi solusi terbaik bagi anda yang ingin mempercantik sebuah foto, dengan sedikit langkah mudah anda sudah bisa mendesain atau membuat foto anda akan lebih cantik dilihat. Cara menggunakan edit foto online tidaklah susah karena sudah dilengkapi tool yang mudah dipahami cara penggunaannya.

Saat ini sudah banyak aplikasi online atau situs yang berfungsi untuk melakukan edit foto online lewat internet dan caranya pun sangat mudah dibandingkan menggunakan software yang harus di instal terlebih dahulu di komputer. Hal yang lebih menarik, menggunakan online photo editor, tidak dibutuhkan keahlian khusus layaknya edit foto seperti potosop dll.

Berikut ini kumpulan Situs Edit Foto Online
1. Photofunia
Photofunia menyediakan berbagai macam bingkai cantik yang bisa anda pilih untuk menempatkan foto anda di dalamnya.
2. Faceinhole
Dengan layanan ini anda bisa memasang foto muka anda pada berbagai pose figur para tokoh favorit anda dan hasilnya bisa langsung dishare ke beberapa situs social network.
3. Pizap
Dengan PIZAP kita bisa melakukan banyak hal untuk mengedit foto kita termasuk menambah efek-efek yang gokil dan pasti keren. Cocok sekali bila hasilnya mau diprint atau dipasang di facebook.
4. Fakemagazinecover
Apabila anda mempunyai fantasi menjadi model majalah maka situs ini cocok karena disediakan template cover majalah di mana anda bisa ada di dalamnya.
5. Hairmixer
Bisa dicoba bila anda ingin meniru atau berganti model rambut, silahkan dipilih mau model rambut yang seperti apa yang akan anda terapkan pada foto. Sehingga bisa menilai model rambut yang paling sesuai dengan anda.
6. Be Funky
Be funky ini salah satu favorit saya karena efek yang tersedia lumayan banyak dan ada salah satu fiturnya yang memungkinkan membuat foto anda jadi nampak seperti kartun.
7. Pic Joke
Disediakan berbagai macam template foto yang bisa anda terapkan pada foto anda layaknya pada photofunia.
8. Gross Out
Ini juga bagus, tapi jangan kaget yah kalau masuk ke situsnya akan ada pemandangan yang seram hehe..
9. Makemebabies
Make me babies adalah situs layanan edit foto online yang memprediksi seperti apakah bayi yang akan dimiliki oleh seorang pasangan
Daftar situs edit foto online yang juga bisa anda coba :
1. PicJoke.com
2. Festisite.com
3. FakeMagazineCover.com
4. HairMixer.com
5. PhotoFunia.com
6. FaceInhole.com
7. PiZap.com
8. GetGrosseDout.com
9. Pixenate.com
10. MakemeBabies.com
11. Blingee.com
12. BeFunky.com
Sumber: http://terbaru-terbaik.blogspot.com/2012/11/situs-edit-foto-online.html
komentar | | Baca Selengkapnya...

Trik Pencarian Google

Tips Mudah dan Teknik Sederhana Mencari Keyword di Google


Tips Mudah dan Teknik Sederhana Mencari Keyword di Google


Setiap orang pada hakikatnya pasti selalu mencari dan mendapatkan cara-cara yang mudah dalam mencari sebuah kata kunci/keyword di search engine (khususnya Google). Apalagi kalau kita berbicara soal pencari informasi, para blogger, webmaster, social networker, dan sejenisnya.. pasti akan selalu berkaitan dengan keyword (atau lebih jelasnya mencari keyword). Nah, pencarian keyword yang mudah, cepat dan efektif tentu sangat dibutuhkan banyak orang.. dan inilah yang membuat hal tersebut menjadi begitu penting di masa-masa sekarang. Dengan pencarian keyword/kata kunci yang mudah dan sederhana untuk dilakukan, maka akan sangat memungkinkan dalam menghemat waktu. Dan bukan hanya itu, kalau kita sudah paham berbagai trik dalam mencari keyword yang kita inginkan, maka keyword yang kita dapatkan pun pasti selalu tepat (dalam artian tepat sasaran dan seharusnya mengandung informasi yang benar-benar kita perlukan).
Saya yakin sampai kapanpun teman-teman blogger pasti akan membutuhkan hal ini, karena yang namanya blogger sudah pasti dituntut untuk setidaknya membuat postingan-postingan baru sebagai update-an dari blog nya. Nah sementara, penelusuran serta pemilihan keyword yang tepat sangat penting sebelum kita membuat sebuah post/artikel. Karena pada dasarnya, keyword yang tidak efektif dan tidak relevan dengan konten blog, mungkin tidak akan begitu signifikan baik untuk SEO maupun SERP. Jadi, kalau teman-teman ingin tahu banyak cara memaksimalkan penggunaan pencarian kata kunci/ keyword melalui Google, tetap ikuti dan simak postingan yang saya sajikan disini!
@topspot-official.blogspot.com
Baiklah mari kita mulai! Secara umum, jenis/tipe pencarian di Google ada dua; Basic Search dan Advanced Search. Basic Search adalah fitur pencarian yang sudah biasa kita gunakan yaitu ketika mengakses langsung google.com / google.co.id, namun fasilitas Advanced Search lebih menyediakan berbagai pilihan fitur pencarian baik untuk kata dasar, file format yang ingin kita cari, ukuran gambar, resolusi spesifik, bahasa, region, dan masih banyak lagi. Sebenarnya masih sangat banyak fitur pencarian yang bisa kita gunakan, tapi tidak terdapat di menu pilihan Advanced Search. Dengan kata lain kita harus memasukkan query di form pencarian dengan metode seperti yang sudah saya paparkan di bawah ini :

Fitur Pencarian Dasar (Basic Search)

1. AND , Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang dicari. Bisa menggunakan salah satu dari tiga alternatif berikut :
page rank
page AND rank
page+rank
2. OR , Mencari informasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. Bisa menggunakan salah satu dari dua alternatif berikut :
linux OR windows
linux | windows
3. FRASE , Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda “”. Contoh : “perangkat lunak” atau “Daniel Benny Simanjuntak”
4. NOT , Hasil pencarian mengandung kata yang di depan, tapi tidak yang dibelakang tanda minus (-). Contoh di bawah akan mencari informasi yang mengandung kata indonesia tapi bukan raya :
indonesia -raya
5. SINONIM (~) , Mencari kata beserta sinonim-sinonim nya. Contoh di bawah akan membawa hasil pencarian: gravitas (gravity) dan sinonim-sinonimnya :
~gravity
6. ASTERISK (*) , Karakter pengganti kata. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa saja; daniel sangat ganteng, daniel parah ganteng, daniel wow ganteng, daniel pasti ganteng, dan sebagainya :
daniel * ganteng
7. TANDA TITIK (.) , Karakter pengganti huruf, angka dan karakter tunggal. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa saja; mati, mami, mari, dan sebagainya :
ma.i
8. CASE INSENSITIVE , Pencarian di Google menganggap kapital dan bukan kapital sebagai sesuatu yang sama. Jadi :
daniel benny simanjuntak , Daniel Benny Simanjuntak, atau DanieL BEnnY SiManJunTak < (yang ini mah tulisan alay, jangan ditiru ya!) akan membawa hasil pencarian yang sama
9. PENGABAIAN KATA , Google akan mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata seperti berikut; a, about, an, and, are, as, at, b, by, from, how, i , in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, with, dan sejenisnya. Apabila kita masih tetap menginginkan pencarian kata tersebut, bisa dengan menggunakan karakter + di depan kata yang dicari. Contoh : 
Iron Man Episode +I), atau bisa juga dengan mengasumsikan nya sebagai frase : “Iron Man Episode I”
10. I’M FEELING LUCKY , Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama dari query kita. Untuk point ini, sepertinya saya tidak perlu panjang lebar menguraikan, karena hanya dengan membuka Google pun, teman-teman sudah bisa langsung melihat ada tombol "i'm feeling lucky" di sebelah kanan tombol "google search".

Fitur Pencarian Lanjut (Advanced Search)

1. DEFINE , Mencari definisi dari sebuah terminologi (kajian tentang istilah beserta penggunaan nya). Dari contoh di bawah, hasil yang akan didapat adalah berbagai definisi dan penjelasan komprehensif tentang technocriticism dari berbagai sumber :
define:technocriticism atau dengan contoh lain; define:technological manipulation
2. CACHE , Menampilkan situs web yang telah diindeks oleh Google meskipun sudah tidak aktif lagi. Contoh di bawah akan menghasilkan pencarian kata 'Google' pada situs topspot-official.blogspot.com yang ada di indeks Google :
cache:topspot-official.blogspot.com google
3. LINK , Menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs. Contoh di bawah akan menampilkan daftar link yang mengarah ke situs topspot-official.blogspot.com :
link:topspot-official.blogspot.com
4. RELATED , Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau dan memiliki hubungan dengan sebuah situs : 
related:topspot-official.blogspot.com
5. INFO , Menampilkan informasi yang Google ketahui tentang sebuah situs : 
info:topspot-official.blogspot.com
6. SITE , Menampilkan pencarian khusus di sebuah situs yang dimaksud :
site:topspot-official.blogspot.com
7. FILETYPE , Menampilkan hasil pencarian berupa suatu jenis/tipe (ekstensi) file tertentu. Jenis file yang bisa dicari adalah: doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt, mp3, mp4, dan sebagainya. Contoh di bawah akan menampilkan hasil pencarian berupa file PDF yang mengandung keyword source code : 
source code filetype:pdf

8. ALLINTITLE , Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam sebuah TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title 'java programming'. Allintitle ini tidak dapat digabungkan dengan metode (sintaks) lain :
allintitle:java programming
9. INTITLE , Menampilkan pencarian khusus dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title 'java' dan isi halaman yang mengandung kata 'compiler' : 
intitle:java compiler

10. ALLINURL , Menampilkan seluruh kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menampilkan daftar URL yang mengandung kata 'google' dan 'project' : 
allinurl:google project
11. INURL , Menampilkan pencarian khusus di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata 'google' dan isi halaman yang mengandung kata 'code' :
inurl:google code
 
Sumber:
http://topspot-official.blogspot.com/2013/06/Tips-dan-Teknik-Mencari-Keyword-di-Google.html

komentar | | Baca Selengkapnya...

Menggunakan Ponsel sebagai Modem

Menggunakan HP sebagai modem merupakan salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk bisa mengakses internet. Untuk ponsel nokia sebenarnya cukup mudah yaitu dengan menggunakan Nokia PC Suit yang ada dalam CD Instalernya. Namun bisa juga mendownload atau mengupdate di situs nokia.com . Bagi yang tidak ingin menggukanan PC suit bisa dengan menggukakan bluetoth koneksi. Langkah seting modem via bluetoth ponsel adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan Bluetooth di laptop dan ponsel ( apabila laptop belum ada bluetoth bisa menggunakan bluetoth eksternal).

2. Klik Device and Printers, klik kanan di device Hp yang terdetect pilih modem setting, pada tab Dialing Rules, pilih Negara Indonesia, dan isi are kode (disini kode saya isi dengan kode area daerah saya 83612 (sya rasa ini salah mungkin maksudnya kode area sljj tp kayaknya gak pengaruh, kmudian klik OK.
1.gif
Setelah hp disetting sebagai modem biasanya ada konfirmasi dari hp untuk konek ke laptop klik yes, maka warna ikon Bluetooth berubah merah karena dia terdetect sebagai modem bukan lagi untuk transfer file biasa. Ok …… sampai sini gampang khan sekarang …
3. Klik kanan lagi di device hp pilih Create a dial-up connection,
Isi seperti berikut jika menggunakan kartu xl bebas, untuk kartu lain berbeda-beda isiannya, lihat pada artikel setting gprs gsm!
2.gif
Kemudian klik connect ! (Jika ada konfirmsi dari hp pilih yes aj) nach setting sudah selesai.
Klik kanan lagi di device hp tapi sekarang  pilih Dial “Dial-Up Connection” (Disini Dial-Up Connection adalah connection name saya, jadi disesuaikan …


3.gif
 Nach seperti ini tampilnya klik Dial, jawab yes di konfirmasi hp, aktifkan browser maka skarang qta dach bisa berinternet ria
komentar | | Baca Selengkapnya...

Menyambungkan Laptop ke Projector

Reposting : SDN1PJT on Senin, 04 November 2013 | 22.13

Senin, 04 November 2013

Caranya sangat simple sekali. Hal ini bisa ditembuh dengan dua cara.

Cara pertama:
1. Buka Control Panel.

2. Klik Connect to a projector.
3. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.
4. Pilih settingan yang Anda inginkan.
  • Computer only: Hanya menampilkan pada Laptop.
  • Duplicate: Menampilkan pada laptop dan Projector.
  • Extend: Freeze layar pada Projector. Jadi Projector akan terlihat diam, disamping itu kita bisa mengotak-atik laptop kita.
  • Projector only: Hanya menampilkan pada Projektor.

Cara kedua (menggunakan shortcut):
1. Klik Windows+p
2. Maka akan muncul gambar seperti di bawah ini
3. Pilih settingan yang Anda inginkan.
 
Sumber: http://detektif007.blogspot.com/2011/03/windows-7-menyambungkan-laptop-ke.html
komentar | | Baca Selengkapnya...

Pengertian Link

Pranala atau hipertaut  (Inggris: hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.
Ada beberapa cara (format) untuk menampilkan pranala pada halaman web. Sebuah embedded link (pranala yang tersimpan) adalah salah satu dari beberapa cara yang biasa digunakan: satu atau lebih dari kata-kata yang menggunakan tipe/gaya teks khusus.
       Hyperlink adalah sebuah fungsi khusus untuk menghubungkan setiap masing-masing halaman website anda satu sama lainnya atau ke website yang lain, jadi  jika pengunjung website anda sedang mengeklik suatu kata atau gambar yang mengandung hyperlink, maka ia akan diarahkan untuk menuju ke alamat URL yang ada di dalam hyperlink tersebut.
Link yang merupakan singkatan dari "hyperlink" adalah sebuah fungsi dalam HTML yang digunakan untuk memudahkan user untuk menelusuri seluruh isi atau informasi yang tersimpan dalam website bersangkutan. Link juga berguna untuk menghubungkan antar dokumen HTML. Dalam HTML, sebuah objek teks yang berupa link akan ditampilkan dengan font berwarna birustyle underline (bergaris bawah). Jika cursor mouse didekatkan pada objek yang berupa link, maka cursor akan berubah menjadi gambar tangan yang menunjuk pada link tersebut, kemudian jika sebuah link sudah pernah diakses atau dikunjungi, maka warna dari teks / objek link tersebut akan berubah menjadi ungu. dengan
Di dalam situs web biasanya anda akan melihat teks yang warnanya berbeda, bergaris bawah atau berada dalam kotak (tombol). Inilah yang disebut hyperlink atau link.Jika bagian ini diklik, anda akan dibawa ke halaman web lainnya. Kita akan mengetahui bahwa teks tersebut aktif (link) karena jika melewatkan pointer mouse di atasnya, pointer itu berubah menjadi pointing finger.  
Sumber:      

http://id.wikipedia.org/wiki/Pranala
 http://webmaster-content.blogspot.com/2007/06/cara-membuat-website-gratis-bagian-ke-2.html
http://yadicucuklauk.blogspot.com/2012/01/membuat-link-pada-html.html
http://iksan35.wordpress.com/tik-xi-ganjil/pengenalan-penelusuran-web/Hyperlink
disalin dari http://ririnnuraeni.blogspot.com/2012/05/pengertian-hyperlink-dan-apa-fungsi-nya.html
komentar | | Baca Selengkapnya...

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Definisi

Prestasi belajar tidak dapat dipisahkan dari berbuatan belajar, karena belajar merupakan suatu proses, sedangkan prestasi belajar adalah hasil dari proses pembelajaran tersebut.

Bagi seorang siswa belajar merupakan suatu kewajiban. Berhasil atau tidaknya seorang siswa dalam pendidikan tergantung pada proses belajar yang dialami oleh siswa tersebut.

Menurtut Logan, dkk (1976) dalam Sia Tjundjing (2001:70) belajar dapat diartikan sebagai perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan latihan . Senada dengan hal tersebut,

Winkel (1997:193) berpendapat bahwa belajar pada manusia dapat dirumuskan sebagai suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan dan nilai sikap. Perubahan itu bersifat relatif konstan dan berbekas.

Belajar tidak hanya dapat dilakukan di sekolah saja, namun dapat dilakukan dimana-mana, seperti di rumah ataupun dilingkungan masyarakat. Irwanto (1997:105) berpendapat bahwa belajar merupakan proses perubahan dari belum mampu menjadi sudah mampu dan terjadi dalam jangka waktu tertentu.


Sedangkan menurut Mudzakir (1997:34) belajar adalah suatu usaha atau kegiatan yang bertujuan mengadakan perubahan di dalam diri seseorang, mencakup perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan, keterampilan dan sebagainya.

Menurut Garry and Kingsley yang dikutip oleh Sudjana (1989:5), menyatakan belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku yang orisinil melalui latihan-latihan dan pengalaman.

Di dalam belajar, siswa mengalami sendiri proses dari tidak tahu menjadi tahu, karena itu menurut Cronbach (Sumadi Suryabrata,1998:231) : “Belajar yang sebaik-baiknya adalah dengan mengalami dan dalam mengalami itu   pelajar mempergunakan pancainderanya. Pancaindera tidak terbatas hanya indera pengelihatan saja, tetapi juga berlaku bagi indera yang lain.”

Belajar dapat dikatakan berhasil jika terjadi perubahan dalam diri siswa, namun tidak semua perubahan perilaku dapat dikatakan belajar karena perubahan tingkah laku akibat belajar memiliki ciri-ciri perwujudan yang khas (Muhibbidin Syah, 2000:116) antara lain :

a. Perubahan Intensional
Perubahan dalam proses berlajar adalah karena pengalaman atau praktek yang dilakukan secara sengaja dan disadari. Pada ciri ini siswa menyadari bahwa ada perubahan dalam dirinya, seperti penambahan pengetahuan, kebiasaan dan keterampilan.

b. Perubahan Positif dan aktif
Positif berarti perubahan tersebut baik dan bermanfaat bagi kehidupan serta sesuai dengan harapan karena memperoleh sesuatu yang baru, yang lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan aktif artinya perubahan tersebut terjadi karena adanya usaha dari siswa yang bersangkutan.

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Definisi

c. Perubahan efektif dan fungsional
Perubahan dikatakan efektif apabila membawa pengaruh dan manfaat tertentu bagi siswa. Sedangkan perubahan yang fungsional artinya perubahan dalam diri siswa tersebut relatif menetap dan apabila dibutuhkan perubahan tersebut dapat direproduksi dan dimanfaatkan lagi.

Berdasarkan dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan siswa untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, secara sengaja, disadari dan perubahan tersebut relatif menetap serta membawa pengaruh dan manfaat yang positif bagi siswa dalam berinteraksi dengan lingkungannya.


Pengertian Belajar Teori Definisi Menurut Para Ahli dibawah ini diupdate 15 April 2013 sebagai tambahan artikel.

Ciri-ciri BelajarMenurut Djamarah (2002:15).ciri-ciri belajar adalah:
a.    Perubahan yang terjadi secara sadar
Individu yang belajar akan menyadari terjadinya perubahan itu atau sekurang-kurangnya individu merasakan telah terjadi adanya suatu perubahan dalam dirinya. Misalnya ia menyadari bahwa pengetahuannya bertambah, kecakapannya bertambah, kebiasaannya bertambah.

b.    Perubahan dalam belajar bersifat fungsional
Perubahan yang terjadi dalam diri individu berlangsung terus menerus dan tidak statis. Suatu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan berikutnya.

c.    Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif
Dalam belajar, perubahan-perubahan itu selalu bertambah dan tertuju untuk memperoleh suatu yang lebih baik dari sebelumnya. Perubahan yang bersifat aktif artinya bahwa perubahan itu tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan karena usaha individu sendiri.

d.    Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara
Perubahan yang terjadi karena proses belajar bersifat menetap atau permanen. Ini berarti  bahwa tingkah laku yang terjadi setelah belajar akan bersifat menetap.

e.    Perubahan dalam belajar bertujuan atau tararah
Perubahan tingkah laku itu terjadi karena ada tujuan yang akan dicapai. Perubahan belajar terarah pada perubahan tingkah laku yang benar-benar disadari.

f.    Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku
Perubahan yang diperoleh individu setelah melalui suatu proses belajar meliputi perubahan keseluruhan tingkah laku. Jika seseorang belajar sesuatu, sebagai hasilnya ia akan mengalami perubahan tingkah laku secara menyeluruh dalam sikap kebiasaan, keterampilan, pengetahuan dan sebagainya.

Prinsip-Prinsip Belajar

Menurut Dimyati (2005:30), prinsip-prinsip belajar adalah:
a.    Perhatian dan motivasi
Perhatian mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan belajar. Apabila bahan pelajaran tersebut dirasa penting, akan membangkitkan motivasi untuk mempelajarinya. Motivasi berkaiatan erat dengan minat. Siswa yang mempunyai minat akan cenderung perhatian dan timbul motivasinya untuk mempelajari bidang tertentu.

b.    Keaktifan
Keaktifan anak akan mendorong untuk berbuat sesuatu, mempunyai kemauan dan aspirasi sendiri. Belajar hanya mungkin terjadi apabila anak aktif mengalami sendiri.

c.    Keterlibatan langsung atau berpengalaman
Dalam belajar melalui pengalaman, siswa tidak hanya mengamati tetapi menghayati, terlibat langsung dalam perbuatan dan tanggung jawab terhadap hasilnnya.

d.    Pengulangan
Prinsip belajar menekankan prinsip pengulangan adalah teori psikologi daya. Menurut teori ini, belajar adalah melatih daya-daya yang ada pada manusia yang terdiri atas daya: mengamat, menanggap, mengingat, mengkhayal, merasakan dan sebagainya. Dengan mengadakan pengulangan maka daya yang dilatih akan menjadi sempurna.

e.    Tantangan
Dalam belajar, siswa menghadapi hambatan untuk mencapai tujuan belajar. Agar timbul motif pada anak untuk mengatasi hambatan tersebut, bahan pelajaran haruslah menantang. Tantangan yang dihadapi membuat siswa bergaiarah untuk mengatasinya.

f.    Balikan dan penguatan
Siswa akan belajar lebih semangat apabila mengetahui dan mendapatkan hasil yang baik. Dengan hasil yang baik merupakan balikan yang menyenangkan dan berpengaruh baik untuk usaha belajar selanjutnya. Balikan yang diterima melalui penggunaan metode akan mendorong siswa untuk belajar lebih giat dan bersemangat.

g.    Perbedaan individu
Siswa merupakan individu yang unik. Tipe siswa mempunyai perbedaan satu dengan yang lain. Perbedaan individu ini berpengaruh pada cara dan hasil belajar siswa.


Teori-teori belajar
Macam-macam teori belajar antara lain:
a.    Teori belajar menurut ilmu jiwa daya
Menurut pandangan teori ini, bahwa jiwa manusia mempunyai daya-daya. Daya-daya ini adalah kekuatan yang tersedia. Pengaruh teori ini dalam belajar adalah ilmu pengetahuan yang didapat hanyalah bersifat hafalan-hafalan belaka. Oleh karena itu, menurut para ahli ilmu jiwa daya, bila ingin berhasil dalam belajar, latihlah semua daya yang ada di dalam diri.

b.    Teori belajar menurut ilmu jiwa gestalt
Gestalt adalah sebuah teori belajar yang dikemukakan oleh Koffka dan Kohler dari Jerman.Teori ini berpandangan bahwa keseluruhan lebih penting dari bagian-bagian. Sebab keberadaan bagian-bagian itu didahului oleh keseluruhan.

Dalam belajar, menurut teori gestalt, yang terpenting adalah penyesuaian pertama, yaitu mendapatkan respons atau tanggapan yang tepat. Belajar yang terpenting bukan mengulangi hal-hal yang harus dipelajari, tetapi mengerti atau memperoleh insight.

c.    Teori belajar menurut ilmu jiwa asosiasi
Menurut pandangan teori ini bahwa keseluruhan itu sebenarnya terdiri dari penjumlahan bagian-bagian atau unsur-unsurnya. Penyatupaduan bagian-bagian melahirkan konsep keseluruhan.

d.    Teori konektionisme
Thorndike adalah orang yang mengemukakan teori konektionisme. Menurut Thorndike dasar dari belajar tidak lain adalah asosiasi antara kesan panca indra dengan impuls atau bertindak. Belajar adalah pembentukan hubungan antara stimulus dan respons, antara aksi dan reaksi. Antara stimulus dan respons ini akan terjadi suatu hubungan yang erat apabila sering dilatih.

e.    Teori Kontruktivisme
Menurut teori kontruktivisme, belajar merupakan proses untuk merekonstruksi makna, sesuatu mungkin itu teks, kegiatan dialog, pengalaman fisik dan lain-lain. Belajar proses mengasimilasi dan menghubungkan pengalaman atau bahan yang dipelajarinya dengan pengertian yang sudah dimiliki sehingga pengertiannya menjadi berkembang.

Jadi menurut teori kontruktivisme, belajar adalah kegiatan yang aktif dimana subyek belajar membangun sendiri pengetahuannya. Subyek belajar juga mencari sendiri sesuatu yang mereka pelajari.


Referensi - Pengertian Belajar Teori Definisi Menurut Para Ahli

Winkel W. S. 1983, Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah, Jakarta : PT. Gramedia.

Muhibbin, Syah. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Irwanto.  (1997). Psikologi Umum. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sumadi, Suryabrata. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada .

Winkel, WS (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.

Dimyati.2005.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Depdikbud.

Djamarah,Syaiful Bahri.2002.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif-Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru.

Sumber: http://www.sarjanaku.com/2012/11/pengertian-belajar-menurut-para-ahli.html

komentar | | Baca Selengkapnya...

Pengertian Problem Solving

1.    Pengertian Problem Solving

Problem solving adalah suatu proses mental dan intelektual dalam menemukan masalah dan memecahkan berdasarkan data dan informasi yang akurat, sehingga dapat diambil kesimpulan yang tepat dan cermat (Hamalik, 1994:151). Problem solving yaitu suatu pendekatan dengan cara problem identifikation untuk ketahap syntesis kemudian dianalisis yaitu pemilahan seluruh masalah sehingga mencapai tahap application selajutnya komprehension untuk mendapatkan solution dalam penyelesaian masalah tersebut. (Qruztyan. Blogs. Friendster.com)


Pendapat lain problem solving adalah suatu pendekatan dimana langkah-langkah berikutnya sampai penyelesaian akhir lebih bersifat kuantitatif yang umum sedangkan langkah-langkah berikutnya sampai dengan pengelesain akhir lebih bersifat kuantitatif dan spesifik (Qrustian Blogs Friendster.com).

Ini berarti oreantasi pembelajaran problem solving merupakan infestigasi dan penemuan yang pada dasarnya pemecahan nasalah. Apabila solvingng yang diharapkan tidak berjalan sebagaimana yang diinginkan berarti telah terjadi di dalam tahap-tahap awal sehingga setiap enginer harus mulai kembali berfikir dari awal yang bermasalah untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh mengenai masalah yang sedang dihadapi.

Jadi, dalam mempelajari konsep matematika yang baru harus didasari konsep-konsep yang sebelumnya. Mempelajari konsep B yang mendasari konsep A, seorang harus memahami dulu konsep A tidak mungkin orang itu memahami konsep B. ini berarti matematika harus bertahap, dan berkaitan dengan konsep yang satu dengan konsep yang lainnya.

Berpikir memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu yang baru adalah kegiatan yang kompleks dan berhubungan erat satu dengan yang lain. Suatu masalah umumnya tidak dapat dipecahkan tanpa berpikir, dan banyak masalah memerlukan pemecahan yang baru bagi orang-orang atau kelompok. Sebaliknya, menghasilkan sesuatu (benda-benda, gagasan-gagasan) yang baru bagi seseorang, menciptakan sesuatu, itu mencakup problem solving. Ini berarti informasi fakta dan konsep-konsep itu tidak penting. Seperti telah kita ketahui, penguasaan informasi itu perlu untuk memperoleh konsep; keduanya itu harus diingat dan dipertimbangkan dalam problem solving dan perbuatan kreatif. Begitu pula perkembangan intelektual sangat penting dalam problem solving (Slameto, 1990 : 139)

Selanjutnya problem solving merupakan taraf yang harus dipecahkan dengan cara memahami sejumlah pengetahuan dan ketrampilan kerja dan merupakan hasil yang dicapai individu setelah individu yang bersangkutan mengalami suatu proses belajar problem solving yang diajarkan suatu pengetahua tertentu.
Jadi, yang dimaksud dengan problem solving dalam penelitian ini adalah hasil suatu masalah yang melahirkan banyak jawaban yang dihasilkan dari penelitian yang menghasilkan kesimpulan secara realistik dalam problem solving model matematika. (Lawson, 1991:53)

 
2.    Langkah-Langkah Problem Solving

Penulis perlu menggunakan pendekatan yang terdiri dari tiga langkah untuk problem solving, dengan demikian konsep problem solving ini bukan teori belaka, tetapi telah terbukti keberhasilannya.
Adapun tiga langkah problem solving adalah :

a.    Mengidentifikasi masalah secara tepat
Secara konseptual suatu masalah (M) didefinisikan sebagai kesenjangan atau gap antara nerja   actual dan targetkinerja (T ) yang diharapkan, sehingga secara simbolik dapat dituliskan bersamaan; M=T – A.berdasarkan konsep seorang problem solver yang professional harus terlebih dahulu nanpu mengetahui berapa atau pada tingkat mana kinerja actual saat ini, dan berapa atau tingkat mana kinerja serta kita harus mampu mendefinisikan secara tegas apa masalah utama kita kemudian menetapkan pada tingkat mana kinerja actual kita sekarang dan kapan waktu pencapain target kinerja itu.

b.    Menentukan sumber dan akar penybab dari masalah

Suatu solusi masalah yang efektif, apabila kita berhasil menemukan sumber-sumber dan akar-akar dari masalah itu, kemudian mengambil tindakan untuk menghilangkan masalah-masalah tersebut.
c.    Solusi masalah secara efektif dan efisien.
Adapun langkah-langkah  Solusi  masalah yang efektif dan efisien yaitu:
  1. Mendefinisikan secara tertulis
  2. Membangun diagram sebab akibat yang dimodifikasi untuk mendefinisikan :  a) akar penyebab dari masalah itu, b) penyebab-penyebab yang tidak dapat dikendalikan, namun dapat diperkirakan
  3. Setiap akar penyebab dari masalah dimasuskkan ke dalam diagram sebab akibat . sedangkan penyebab yang tidak dapat diperkirakan, didaftarkan pada sebab akibat itu secara tersendiri
  4. Mendefiisikan tindakan atau solusi yang efektif melalui memperhatikan dan mempertimbangkan : a)pencegahan terulang atau muncul kembali penyebab –penyebab itu, b) tindakan yang diambil harus ada di bawah pengendalian kita, dan c) memenuhi tujuan dan target kinerja yang ditetapkan.
  5. Menerapkan atau melakukan implementasi atau tindakan-tindakan yang diajukan (Vincent Gasper sz, dan Qruztyann.blogs.friendster. com)

Adapun langkah-langkah lain yaitu menurut konsep Dewey yang merupakan berpikir itu menjadi dasar untuk problem solving  adalah sebagai berikut:
  1. Adanya kesulitan yang dirasakan atau kesadaran akan adanya masalah.
  2. Masalah itu diperjelas dan dibatasi.
  3. Mencari informasi atau data dan kemudian data itu diorganisasikan atau diklasifikasikan.
  4. Mencari hubungan-hubungan untuk merumuskan hipotesa-hipotesa kemudian hipotesa-hipotesa dinilai, diuji agar dapat ditentukan untuk diterima atau ditolak.
  5. Penerapan pemecahan terhadap masalah yang dihadapi sekaligus berlaku sebagai pengujian kebenaran pemecahan tersebut untuk dapat sampai kepada kesimpulan.

Selain di atas menurut Dewey langkah-langkah dalam problem solving yaitu sebagai berikut: kesadaran akan adanya masalah, merumuskan masalah, mencari data dan merumuskan hipotesa-hipotesa itu dan kemudian menerima hipotesa yang benar. Tetapi problem solving itu tidak selalu mengikuti urutan yang teratur, melainkan dapat meloncat-meloncat antara macam-macam lankah tersebut, lebih-lebih apabila orang berusaha memecahkan masalah yang kompleks. Misalnya: masalah-masalah pendidikan telah dikenal orang bertahun-tahun yang lalu, dan telah banyak hipotesa pemecahan dirumuskan dan dicoba. Tetapi, orang masih berusaha merunuskan masalah-masalah itu secara lebih tepat dan mengusahan pengerjaan pemecahan masalah yang lain agar dapat ditemukan pemecahan yang lebih baik.

Metode problem solving ini menekankan pada penemuan dan pemecahan masalah secara berkelanjutan. “kelebihan metode ini mendorong siswa untuk berpikir secara ilmiah, praktis, intuitif dan bekerja atas dasar inisiatif sendiri, menumbuhkan sikap objektif, jujur dan terbuka. Sedangkan kelemahannya memerlukan waktu yang cukup lama, tidak semua materi pelajaran mengandung masalah memerlukan perencanaan yang teratur dan matang, dan tidak efektif jika terdapat beberapa siswa yang pasif.

Sedangkan Kenedy seperti dikutip oleh Lovitt (1989 : 279) menyarankan empat langkah proses pemecahan masalah matematika yaitu dengan :
  • Memahami  masalah
  • Merencanakan pemecahan masalah
  • Melaksanakan pemecahan masalah, dan
  • Memeriksa kembali

Bagi anak berkesulitan belajar dan bahkan juga bagi anak yang tidak berkesulitan belajar, menyelesaikan soal bukan pekerjaan yang mudah. Di samping itu, anak juga tidak terlatih untuk menyelesaikan masalah matematika secara lebih sistematis. Oleh karena itu, pendekatan pemecahan masalah dengan memanfaatkan alat peraga dengan langkah-langkah yang telah dikemukakan tampaknya lebih baik untuk digunakan baik bagi anak berkesulitan belajar maupun yang tidak berkesulitan belajar.  

Sumber: http://www.sarjanaku.com/2011/03/pengertian-problem-solving.html

komentar | | Baca Selengkapnya...
 
Kirim Artikel | Disclaimer | PAUD | Pendidikan Dasar | Pendidikan Menengah | Pendidikan Tinggi | BOS | PadatiWEB | BOS | layananptk.net
Copyright © 2013 - 2014. LINK PTK . All Rights Reserved.| Terimakasih kepada seluruh blogger yang telah berbagi informasi dan tutorial
Redesign Template by deuniv | Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger